“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video" (Rosch, 1996).
"Multimedia
secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks"
(McCormick 1996).
"Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar" (Turban dkk, 2002).
"Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video" (Robin dan Linda, 2001).
"Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi"
"Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar" (Turban dkk, 2002).
"Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video" (Robin dan Linda, 2001).
"Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi"
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”
Untuk menentukan bagaimana pemakai / pengguan akan berinteraksi dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya.
·
Interactive
Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut.
·
Hypermedia
: Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemen terhubung.
·
Multimedia
Developer : Perancang suatu aplikasi multimedia.
·
Multimedia
Project : Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh komputer atau televisi.
·
Multimedia
Title : Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat.
Multimedia
banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang seperti : Hiburan(animasi),
Game(trailer game), Pendidikan(media pengajaran), Bisnis(presentasi, company
profile), dan seterusnya.
Unsur – unsur pendukung dalam multimedia antara lain :
Unsur – unsur pendukung dalam multimedia antara lain :
- Text
Media text merupakan media yang paling mudah
disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya.
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
- Plain Text
Plain
Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text
tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.
- Rich Format Text
Rich
format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF)
merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu
menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain.
- Hyper Text
Hyper
text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper
text:
- bersifat linking
dokumen
satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain
- non linear
kita
bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua
contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
- HTML
Hyper
text markup language, kegunaannya:
- control tampilan web
- mendukung link
- mampu menambah object
- XML
extensible
markup language, kegunaannya:
- sederhana dan terstruktur
- cepat dan portable
- mudah di-maintenance
- Gambar (Graphics)
Gambar menjadi salah satu yang termasuk dalam
multimedia karena manusia cenderung lebih mudah menangkap maksud suatu
informasi melalui gambar (penglihatan) daripada menggunakan text (kata).
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
- vector
Gambar
yang berbasis vector merupakan gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika
sebagai dasar untuk menampilkan gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point.
Dari beberapa point tersebut, diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat
diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis vector, ketika dizoom, gambar
tidak rusak, karena gambar hanya rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat
diubah-ubah.
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
- bitmap
Gambar
bitmap adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk
pixel (picture element) dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada
resolusi dan ketajaman warna.
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar.
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar.
·
Bunyi
atau Sound
Bunyi atau sound dalam komputer
multimedia, khusunya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat bermanfaat.
Komputer multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi
atau sound dapat kita tambahkan dalam produksi multimedia melalui suara, musik
dan efek-efek suara. Seperti halnya pada grafik, kita dapat membeli koleksi
sound disamping juga menciptakan sendiri. Beberapa jenis objek bunyi yang biasa
digunakan dalam produksi multimedia yakni format waveform audio, compact disk
audio, MIDI sound track dan mp3.
·
VIDEO
Merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan
ulang gambar bergerak. Komponen video terdiri dari:
·
Frames per second : merupakan jumlah
frame per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka kualitas videonya
akan lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan pada video,
pergerakan yang terlihat.
·
Aspek Ratio : merupakan perbandingan
lebar dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan jarak pandang, setiap
detail gambar ditampilkan dalam pixel
·
Resolusi : jumlah pixel yang digunakan,
semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan gambar yang lebih
tajam
·
Bit Depth : merupakan ukuran pixel untuk
menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan, warna yang dihasilkan
akan lebih tajam. (depth dalam bitmap)
·
Bit Rate : suatu ukuran kecepatan bit
suatu data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan Kbps dst. Semakin
besar bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Dalam pembuatan video menggunakan 2 teknik:
·
Interlaced : metode untuk menampilkan
gambar seperti pada televisi analog, yang ditampilkan secara bergantian antara
garis ganjil dan genap secara tepat untuk setiap framenya. Refresh rate
50-80Hz.
·
Progressive : metode untuk menampilkan,
menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk tiap frame digambar
secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor komputer, LCD TV dll.
Teknologi
Pertelevisian:
·
PAL adalah enconding berwarna yg
digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi fase. PAL
terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu detik
(fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat. Format
YUV.
·
SECAM banyak digunakan di
Prancis, Rusia dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz
refresh rate dan 625 baris.
·
NTSC membagi 25 baris per frame dan
sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik (fps). 525
baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang dll.
Menggunakan format YIQ.
·
HDTV standar televisi baru
dengan gambar lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek
ratio 16:9. Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif).
Perbedaan mendasar dari standar diatas adalah jumlah garis horizontal
dalam gambar video, frame ratenya, jumlah bandwith yang digunakan, apakah
menggunakan sinyal AM atau FM untuk audio videonya.
Beberapa format video :
·
MOV : dibuat oleh apple, bersifat lintas
platform, digunakan transmisi data di internet, track audio, video, images,
text terpisah.
·
MPEG : file terkompresi lossy, pada
umumnya beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan MPEG2 support
progressive, MPEG2 digunakan untuk HDTV dan DVD
·
DIVX : codec diciptakan oleh DivX
Inc. File relatif kecil karena menggunakan MPEG4 part 2 compression.
·
WMV : code milik Microsoft yang berbasis
pada MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres. Dapat berekstensi
wmv, avi, atau asf
Software: QuickTime, Windows Media Player, DivXPro, RealOne Player, GOM
Player, K-Lite Codec Player, Power DVD dll
Berikut
ini adalah hal-hal yang dapat mempengarruhi kualitas video , antara lain :
·
Number of frames per second : jumlah
frame/gambar yang terdapat dalam satu detik.
·
Interlaced vs progressive : Interlaced
scan gambar secara bergantian (ganjil dan genap). Progressive scan gambar
secara berurutan.
·
PAL, SECAM dan NTSC : penggunaan di tiap
negara dapat berbeda – beda.
·
Aspect ratio : ratio dari video ketika
akan di tampilkan.
·
Transport medium : media yang
digunakan untuk mentransfer video, seperti kabel RCA, HDMI, dll.
·
AUDIO
Merupakan fenomena fisik yang dihasilkan getaran benda yg berupa sinyal
analog dengan amplitudo yg berubah secara kontinyu terhadap waktu. Komponen
audio terdiri dari:
·
Frekuensi
: banyaknya periode dalam satuan detik, satuannya Hz atau cycles per second
(cps).
·
Amplitudo
: tinggi rendahnya suara atau keras lemahnya suara, satuannya dB.
·
Velocity
: kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar, satuannya
m/s.
Tipe format audio :
·
Uncompressed : Suara masih polos,
tidak ada kompress, apa adanya. Contohnya di Windows WAV, pada umumnya ukuran
file relatif besar.
·
Format with lossless compression : Ada
kompresi untuk mengecilkan ukuran file, yaitu dengan pengurangan bit rate
(spektrum). Contohnya Flac (biasanya digunakan untuk merekam suara).
·
Format with lossy compression : Kompresi
paling besar dilakukan, untuk mengurangi ukuran file, kompresi dilakukan untuk
menghilangkan suara yang tidak berguna. Biasanya sizenya tidak terlalu besar.
Contohnya mp3, aac, owg (linux), wma (windows).
Software: Winamp, RealPlayer,
Windows Media Player, QuickTime, JetAudio, iTunes dll.
Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki oleh PC multimedia yaitu :
·
Membuat dan mensintensis bunyi.
·
Menangkap bunyi dari media external.
·
Mengendalikan bunyi yang dibuat dari
instrument elektronik misalnya MIDI.
·
Memainkan kembali bunyi tersebut lewat
speaker atau media lainnya.
- Animasi Dalam Multimedia
Animasi merupakan
penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Ada sembilan macam
animasi yaitu animasi sel, animasiframe, animasi sprite, animasi lintasan,
animasi spline, animasi vector, animasi karakter, animasi computational dan
morphing.
Sumber :
- http://chievan.blogspot.com/2010/04/konsep-dasar-multimedia.html
- http://milaniawahe.blogspot.com/2008/11/pengertian-dasar-multimedia.html
- http://mzarkasi.blogspot.com/2012/09/konsep-dasar-multimedia.html
- http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html
- http://parampaaland.wordpress.com/2012/10/06/rangkuman-konsep-dasar-multimedia-audio-video/
- http://babibu.eamca.com/konsep-dasar-multimedia-audio-video/
- http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
- http://agriie07.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-multimedia-2.html
- http://means-23.blogspot.com/2013/01/pengertian-multimedia-interaktif.html
- http://komputertopan.blogspot.com/2011/12/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar