Pemanfaatan Multimedia
Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat
membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian
tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang menarik
perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan
jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang
sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk
yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan
penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan
lingkup usaha / bisnis.
Multimedia di Rumah Tangga
Multimedia di Rumah Tangga
Kebanyakan dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah
lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat
ini, konsumen dari produk multimedia sudah memiliki komputer yang sudah
terpasang CD-ROM Player atau televisi yang dihubungkan dengan alat sejenis CD
player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I Player atau Panasonic 3DD Player. Alat-alat
permainan seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai masuk
kerumah-rumah. Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang
mengizinkan multimedia masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan
penjualan atas produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game
elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran
multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat
kemudahan baik bagi produsen maupun konsumen.
Multimedia Dalam Pendidikan
Multimedia Dalam Pendidikan
Barangkali dunia pendidikan adalah dunia yang paling
membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa
dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya.
Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam
aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari,
kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan
gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat
dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain
karena merasa tertarik akan media penyajiannya. Anak-anak usia pra-sekolah dan
TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada
usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan
orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan
lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru
bagi dunia pendidikan.
Multimedia di Tempat Umum
Multimedia di Tempat Umum
Hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum dan tempat tujuan
wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Stand alone terminal dan
kios k akan tersedia ditempat-tempat tersebut guna memberikan informasi.
Instalasi alat seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi tradisional dan
personilnya. Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam,
dimana tenaga konvensional tidak tersedia. Kios k disebuah pusat perbelanjaan
dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai
dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah
kios k disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan
suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan
printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios
k dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila
telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan
pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel.
Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.
Multimedia Dalam Bisnis
Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.
Multimedia Dalam Bisnis
Pengimplementasian multimedia dalam lingkup bisnis mencakup
presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo produk, database catalog dan
komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video Confrence dalam waktu dekat ini akan
tersedia dibanyak LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Presentasi
pagi hari yang membosankan dari slide 35 mm dan OHP (Overhead Proyektor) yang
disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh
presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat
mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian
atasannya.
Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi lebih
hidup dan imajinatif. Seorang mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin tanpa
harus dilumuri oli. Pramugari dapat belajar mengatasi para pembajak melalui
suatu simulasi multimedia. Para penjual dapat mendemonstrasikan produk
perusahaannya tanpa harus membawa produk aslinya, tetapi tetap memberikan
gambaran yang sama hebatnya.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
Di Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto
di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa
memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru
dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi
Informasi dan Komputer.
Di Bidang Lain
Manfaat
komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu,
mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :
Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan
komputer.
Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor
Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan
adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima
surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi
semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
Bidang Jasa Konstruksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan
dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain
menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa
kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan
bantuan komputer.
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan
biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu
orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan,
keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Sebagai contoh film-film Hollywood
berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan
kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah
mirip dengan kejadian nyata.
Multimedia untuk Penyampaian Pesan
Penggunaan
tools berupa software (perangkat lunak) untuk
menggabungkan gambar, teks, video, suara, dan animasi sehingga menimbulkan
interaksi antara user (pemakai)
dan aplikasi merupakan pengertian dari multimedia.
Integrasi dari berbagai macam multimedia (misal gambar, teks, video, suara dan
animasi) secara bersama-sama memperkuat sebuah penyampaian pesan kepada user.
Multimedia yang sesuai dengan kebutuhan user
menginginkan adanya interaksi. Interaksi multimedia yang bertujuan multimedia
dapat memuaskan kebutuhan user
dalam pemanfaatannya. Pemanfaatan tersebut dapat dilakukan di berbagai bidang
seperti pendidikan, informasi, hiburan, bisnis, pariwisata dan lain-lain
Untuk
menyampaikan pesan-pesan dari berbagai bidang yang disebutkan di atas,
dimanfaatkanlah multimedia sebagai alatnya. Dengan multimedia-lah, pemanfaatan
berbagai media untuk menyampaikan pesan agar lebih efektif dan efisien.
Pesan sendiri berarti
sesuatu perintah, nasihat, permintaan, amanat yang disampaikan secara audio,
visual, dan gabungan audio-visual kepada orang lain. Pembuat aplikasi
multimedia menginginkan aplikasi sesuai harapannya. Pada aplikasi multimedia
mengandung pesan bahwa aplikasi inilah yang mereka butuhkan. Contoh aplikasi
multimedia yaitu kiosk yang merupakan produk multimedia yang berfungsi sebagai
pemberi informasi. Pembuat produk kiosk ingin menyampaikan pesan alat ini yaitu
memberikan informasi kepada orang yang menggunakannya. Kiosk museum digunakan
untuk menginformasikan tentang museum mulai dari seluk-beluk, denah, isi dan
koleksi, pegawai dan staf serta lainnya yang berkaitan hal dengan museum. Lain halnya
dengan kiosk rumah sakit yang menginformasikan prosedur berobat dan rawat inap,
pasien-pasien yang di rawat inap, denah rumah sakit dan lain-lain yang
berkaitan dengan rumah sakit. Kiosk museum dan kiosk rumah sakit berbeda karena
penempatan benda tersebut, tapi tujuannya sama yaitu memberikan informasi
kepada user yang menggunakan.
Diatas
telah dijelaskan multimedia dibuat untuk menyampaikan pesan. Nah, pesan yang
harus didapatkan oleh user
haruslah mempunyai prinsip efektifitas dan efisiensi. Efektifitas dan
efisiensi, keduanya merupakan prinsip yang dipakai dalam menjalankan misi
penyampaian pesan dari multimedia kepada user.
- Efektifitas
Multimedia yang digunakan user memberikan efek, pengaruh, dan
kesan terhadap aplikasinya. Sehingga dengan menggunakan multimedia, user berhasil dalam menjalankan usaha
atau tugasnya. Kemudahan itulah yang diinginkan user dalam menggunakan multimedia. Itulah prinsip efektifitas
pesan dalam multimedia.
- Efisiensi
Multimedia haruslah tepat guna dalam
pemakaiannya sesuai waktu yang telah ditentukan user dalam penggunaannya. Sehingga tidak ada keborosan baik
dalam hal tenaga, alat, pikiran dan lain-lain. Begitulah prinsip efisiensi
pesan pada multimedia
Multimedia
yang gabungan dari beberapa media dan didukung prinsip efektifitas dan
efisiensi pesan dalam aplikasinya, menjanjikan sebuah konvergensi dalam bidang
Teknologi Informasi (TI) yang semakin berkembang. Hubungan inilah yang
diinginkan oleh multimedia bahwa multimedia berupa aplikasi atau produk dapat
membantu user untuk menjalankan
aktivitas user di rumah atau di
kantor.
MULTIMEDIA SEBAGAI ALAT PROMOSI PERUSAHAAN
Penyajian
suatu informasi akan lebih menarik apabila ditampilkan dalam suatu media yang
dapat menggabungkan berbagai bentuk informasi yang ada. Salah satu pemanfaatan
kemajuan teknologi dalam bidang informasi khususnya komputer adalah Multimedia.
Multimedia dewasa ini merupakan salah satu alat penyampaian informasi dalam
bentuk gambar, animasi, teks, suara atau video, yang mudah dicerna oleh siapa
saja. Multimedia berasal dari kata Multi yang berarti banyak, dan Media yang berarti
sarana atau piranti untuk berkomunikasi. Jadi Multimedia adalah sarana atau
piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komonikasi yang berbasis
komputer untuk menyampaikan suatu Sistem informasi.
Dengan sarana multimedia sebuah perusahaan dapat mempromosikan baik berupa jasa maupun produk dengan penyajian yang lebih menarik dan interaktif secara visual sehingga konsumen dapat lebih tertarik.
Dengan sarana multimedia sebuah perusahaan dapat mempromosikan baik berupa jasa maupun produk dengan penyajian yang lebih menarik dan interaktif secara visual sehingga konsumen dapat lebih tertarik.
Multimedia Sebagai Informasi
Penyebaran informasi yang baik dan cepat sangat
menunjang suatu informasi itu sendiri, dengan menggunakan multimedia informasi
dapat diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan cepat ditangkap, Contohnya
pada pariwisata, Museum, Galeri Seni.
Multimedia Sebagai Hiburan
Hiburan sangatlah penting dalam kehidupan manusia,
setelah lelah seharian bekerja atau beraktifitas manusia membutuhkan hiburan
yang menghibur untuk istirahat mereka, dengan adanya multimedia hiburan dikemas
dengan sangat menarik Conothnya, Games, Seni dan pertunjukan.
Multimedia Sebagai Periklanan
Periklanan tidak akan menarik perhatian jika tidak adanya
multimedia, karena dengan menggunakan multimedia, iklan akan terlihat sangat
menarik untuk diperhatikan dan akan menarik banyak konsumen yang melihatnya,
dengan menggunakan suara, gambar, video, animasi dan teks yang canggih akan
menambah nilai lebih dari suatu iklan. Contoh pemanfaatan multimedia pada iklan
yaitu, iklan televis, bandara, dan lain lain.
. Keuntungan Dan Kelemahan Menggunakan
Teknologi Multimedia
- Keuntungan pembelajaran interaktif berbasis multimedia antara lain:
- Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit/nyata, sehingga mudah diterima siswa,
- Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok,
- Informasi pelajaran yang disajikan dengan media yang tepat akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa,
- Penggunaan multimedia pembelajaran yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan.
- Materi pembelajaran yang diterima siswa menjadi lebih seragam (relatif sama) dan mengurangi resiko kesalahan konsep.
2.
Kelemahan
1. Masih
kurangnya tenaga ahli dalam pembuatan dan penggunaan perangkat multimedia dalam
pembelajaran.
2. Akan
menghabiskan biaya yang banyak.
3. Kurang
tepat untuk sekolah yang berada di pedalaman.
Sumber
2. http://stiebanten.blogspot.com/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
9. Rusjdy
S. Arifin. 2005. Jejak Langkah Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia.
Jakarta: Pustekkom Diknas
10. Uwes
Anis Khaeruman. 2005. Edukasi net di Indonesia. Jakarta: Pustekkom Diknas
11. Yusufhadi
Miarso. 2004. Menyemai
Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Diknas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar